Just another Blog-nya Unsoed__A1M010049

Ayo Sarapan

Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional Bangsa Indoonesia yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV. Bangsa yang cerdas dan berprestasi merupakan kunci kemajuan bangsa.

Setiap pelajar mendambakan dapat berprestasi. Untuk meraihnya harus didukung oleh kondisi tubuh yang baik. Makan pagi sangat mempengaruhi kondisi tubuh dalam beraktivitas terutama bagi palajar.

Bagi sebagian besar orang (terutama palajar ), makan di pagi hari masih dianggap sepele dan tidak penting. Tidak sempat, takut terlambat, atau belum ingin makan dijadikan alasan untuk melewatkan kebutuhan alamiah sebagai manusia. Tidak heran jika sering dijumpai pelajar yang tidak dapat belajar dengan baik, tidak semangat dan susah menyerap ilmu di sekolah. Hal tersebut disebabkan karena kondisi tubuh yang loyo dan perut yang lapar. Padahal, dengan sarapan akan terkumpul energi sebagai bahan bakar untuk beraktivitas. Berpangkal dari hal itulah saya ingin berbagi pengetahuan tentang pentingnya makan pagi serta pengaruhnya dalam beraktivitas dan berprestasi.


TENTANG MAKAN PAGI
TUGAS TIAP PAGI YANG BERAT


Untuk dapat beraktivitas dengan baik makan pagi sangat penting. Namun, makan pagi kerap menjadi tugas di pagi hari yang amat berat terutama bagi pelajar. Tidak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat pun, menurut American Dietic Association lebih dari 40 persen anak perempuan dan 32 persen anak laki-laki melewatkan makan pagi.

Anak yang tidak makan pagi tidak mengkonsumsi nutrien yang diperlukan tubuh untuk memproduksi energi yang diperlukan. Padahal di sekolah anak membutuhkan energi yang besar untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan tanggung jawab belajarnya.

Berdasarkan hasil wawancara pada beberapa pelajar di kota Purwokerto, mereka yang tidak makan pagi mengajukan beberapa alasan. Antara lain :
1. Aku nggak lapar kalau pagi
2. Terburu-buru sih, nggak ada waktu buat sarapan
3. Nggak sempat
4. Aku ingin langsing
5. Aku sering bangun kesiangan

PENTINGNYA MAKAN PAGI

Makan pagi sangat berdampak positif bagi kelangsungan hidup sehari-hari para pelajar. Makan pagi mempengaruhi performa pelajar di sekolah. Dengan makan pagi maka tidak akan mengalami gejala kelaparan seperti sakit kepala, letih, mengantuk, dan gelisah. Selain itu makan pagi dapat membantu pelajar mengerjakan tugas sekolah dan merespon lebih baik atas pertanyaan guru.

Makan pagi juga mempengaruhi mental pelajar. Pelajar yang selalu makan pagi akan tidak mudah kesal, lebih tenang dan tidak mudah cemas.

Negara bagian Minnesta, Amerika Serikat, pernah mengadakan penelitian tentang korelasi antara makan pagi dengan prestasi anak di sekolah. Hasilnya, “pelajar yang selalu makan pagi sebelum berangkat sekolah memiliki performa yang lebih baik dalam matematika dan membaca serta meningkatkan rentang perhatian mereka.

Secara fisik pelajar yang membiasakan makan pagi akan terlihat lebih fit. Dia akan tumbuh sehat, berat badan terkendali, memiliki tingkat kolesterol darah lebih rendah, jarang sakit perut dan jarang terkena flu.

AKIBAT TIDAK MAKAN PAGI

Selama kurang lebih 8 jam sejak makan malam hingga waktu makan pagi, tubuh tidak memperoleh makanan. Makan pagi dipertimbangkan sebagai waktu yang penting untuk mengisi kekosongan makanan dalam tubuh.

Jika tidak makan pagi ternyata dapat merusak otak. Ttidak mengkonsumsi apapun di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal inilah yang mengakibatkan kurangnya nutrisi pada otak yang berakhir pada kemunduran otak.

Pelajar yang tidak makan pagi akan cenderung balas dendam dengan makan jajan yang banyak saat istirahat di sekolah. Padahal jajanan di sekolah belum terjamin gizi dan kelayakannya. Akibatnya akan terjadi gangguan yang lebih fatal yaitu sakit perut, diare dan sebagainya.


MENU MAKAN PAGI YANG BAIK DAN PRAKTIS

Menu makan pagi biasanya dipilih hidangan yang mudah dalam persiapan, penyajian, dan saat dimakan. Bahkan dapat diolah sebelumnya apabila pada pagi hari waktunya terlalu sempit. Misalnya dengan menyiapkan makanan pada malam hari untuk kemudian dipanaskan pada pagi hari untuk sarapan.

Menu yang baik untuk makan pagi sebaiknya mengandung unsur pemberi tenaga, unsur pembangun dan pengatur sel-sel jaringan tubuh. Secara kuantitatif, makan pagi harus menyuplai karbohidrat (55%-56% ), protein ( 12%-15% ), lemak (24%-30% ), serta vitamin dan mineral secukupnya. Dengan demikian makan padi dapat menopang kebutuhan enrgi tubuh sepanjang hari.

Beberapa pelajar mengatakan bosan dengan menu makan pagi yang itu-itu saja (monoton). Maka di bawah ini disajikan beberapa variasi menu makan pagi yang

1.Nasi putih
Sambal goreng tempe
Orak-arik telur
Jeruk
Air putih.

2.Bubur kacang hijau
Telur rebus setengah matang
Pisang

3.Roti tawar
Telur mata sapi
Pepaya

4.Nasi goreng lengkap
Teh manis
Pisang

5.Bubur ayam
Teh manis

6.Mi instan dan sayuran
Teh manis

7.Sandwich
Susu

Selain menu di atas, hidangan roti sedang naik daun alias banyak diminati. Makanan empuk ini memang nikmat, mudah didapat, dan berizi padat. Taj perlu diragukan, roti memang praktis untuk hidangan sarapan. Apalagi, roti makin mudah didapat dan variasinya pun semakin beragam. Mulai dari roti yang dijual tukan roti keliling sampai bakery ala Ameriks ysng dijajakan di bakery ternama di berbagai mall.

Roti bukan sekedar makanan yang mudah didapat, tetapi juga punya segudang gizi bermanfaat. Peranan roti kelak, bisa tidak lagi sebatas menu untuk sarapan tetapi juga untuk makan siang dan makan malam. Oleh karena itu, kandungan gizi roti perlu diperhatikan agar dapat memberikan sumbangan gizi yang berarti.

Dibandingkan dengan 100 gram nasi dan mi basah, maka 100 gram roti memberikan unergi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan besi yang lebih banyak.


INILAH SOLUSI NYA


Inilah solusi atas alasan yang sering dilontarkan oleh pelajar-pelajar yang melewatkan makan pagi.


1. “Aku nggak lapar kalau pagi.”
minumlah susu, bisa juga dicampur buah sebagai pengganti makanan.


2. “Aku suka bangun kesiangan.”
pasang alarm 15 menit lebih awal.


3. “Terburu-buru sih, nggak sempat makan.”
siapkan semua keperluan sekolah pada malam hari.


4. “Aku nggak suka sarapan.”
makanlah sesuatu yang tidak biasa jadi menu makan pagi di rumah, misalnya pizza lebihan semalam dengan tambahan topping, sandwich, atau ayam goreng.


5. “Aku ingin langsing.”
melewatkan makan pagi tidak membuat langsing. Kenyataan bahwa anak yang tidak makan pagi cenderung makan lebih banyak kalori pada siang hari. Hal itu justru akan menambah berat badan.

 

About Author

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Vestibulum at arcu. Integer et risus. Morbi id tellus. Integer felis. Mauris malesuada, turpis vitae facilisis euismod, dui arcu adipiscing sem, eu vulputate leo ante in lacus. Sed porta accumsan lectus. Aenean ac sem. In consequat tempus velit. Phasellus leo enim, adipiscing a, egestas nec, pretium ut, pede. Mauris sollicitudin diam et mauris. Sed quis enim vel augue egestas lobortis. Etiam tempus ipsum vel neque.